Dasar Pemilihan Warna dalam Mendesain Web

Pemilihan warna yang cocok merupakan salah satu faktor penting dalam mendesain suatu website, selain harus menyesuaikan dengan isi website-nya juga harus melihat sasaran pengunjung yang diinginkan, baik itu dari segi umur, jenis kelamin, maupun pekerjaannya. Warna juga dapat melambangkan kepribadian dan menjadi ciri khas dari suatu website. Pemilihan warna yang tidak cocok dapat menyebabkan website menjadi kurang menarik dan tidak sedap dipandang.

Memilih warna yang cocok untuk sebuah website memang tidak segampang membalik telapak tangan. Setiap warna yang kita pilih mempunyai sebuah pesan kepada pengunjung website kita. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Leatrice Eisman, seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Color, memberi paparan arti beberapa warna yang dapat kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih warna untuk website kita.

Biru
Arti: kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan.
Keabu-abuan
Arti: Serius, bisa diandalkan dan stabil.
Merah muda
Arti: Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminin.
Merah
Arti: Kuat, berani, percaya diri, gairah
Kuning
Arti: Muda, gembira, imajinasi.
Hitam
Arti: Elegan, kuat, sophisticated.
Hijau
Arti: Kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan.

Berikut ini ada sebuah tool yang dapat membantu kita untuk memilih dan mengetahui kode warna html dengan mudah. Kode-kode warna ini bisa digunakan untuk mengetahui nilai heksa dari suatu warna. Caranya penggunaannya cukup mudah dan hampir sama dengan color picker pada Adobe Photoshop. Kalian tinggal menggeser-geser warna pada bagian hue, lalu arahkan mouse pada kotak brightness / saturation. Maka kode hexa-nya akan muncul di bawahnya.

Wanna the code of this tool? click here.


2 Comment:

defegacious said...

kuning itu bisa diartikan sebagai warna kecemburuan lho :)

Ahmad Fikry said...

Hahahaa..
Kuning juga bermakna sedih dan duka, terutama kalo lagi ada orang yg meninggal :)

Post a Comment