Mengenal Extension pada Joomla

Ini adalah postingan saya yang kedua tentang Joomla. Jika pada postingan sebelumnya membahas tentang cara menginstall Joomla di localhost, kali ini saya akan membahas tentang ekstension yang ada di Joomla. Ekstension-ekstension tersebut secara garis besar terbagi menjadi 5, yaitu template, module, component, language, dan plugin. Sekarang mari kita bahas satu-persatu jenis-jenis ekstension tersebut.

Istilah ekstension pada Joomla merupakan fitur-fitur khusus untuk memberikan nilai plus pada website Joomla kita supaya terlihat lebih elegant dan powerfull. Sampai artikel ini diposting, jumlah ekstension Joomla sudah mencapai 6186 jenis dan jumlah tersebut akan terus bertambah tiap hari karena sifatnya yang open source.
Ekstension Joomla! yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Template
    Merupakan fondasi utama untuk membentuk dan menata tampilan halaman web Joomla. Pada template inilah kita dapat mengatur tata letak, pewarnaan, jenis huruf, dan lain sebagainya.
  2. Module
    Merupakan unit program/aplikasi yang mempunyai fungsi tertentu untuk memperkaya kemampuan web Joomla! dan dapat ditampilkan langsung pada halaman depan web (front page). Tata letak module ini diatur menurut posisi yang telah tersedia.
  3. Component
    Merupakan unit program aplikasi yang mempunyai fungsi lebih lengkap dibandingkan dengan module. Terkadang sebuah component disertai fitur bahasa dan database tersendiri sehingga mampu menyediakan fungsi lebih terhadap web Joomla. Component tidak dapat langsung tampil di halaman depan website seperti layaknya module. Namun compnent baru bisa terlihat jika dihubungkan terhadap sebuah menu.
  4. Language
    Merupakan fasilitas yang dimiliki Joomla untuk mengakomodasi berbagai bahsa dalam sebuah website. Melalui fitur inilah web Joomla! dapat tampil dalam bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, dll. Sehingga sebuah website yang dibangun menggunakan Joomla dapat menjadi multi-bahasa.
  5. Plugin
    Merupakan aplikasi khusus yang bekerja di belakang layar untuk memperkaya kemampuan editor Joomla. Misalnya melalui plugin ini kita bisa menampilkan gambar/video pada sebuah artikel dengan efek-efek animasi dan lain sebagainya, dengan hanya menyisipkan beberapa perintah khusus pada editor teksnya. Untuk Joomla! versi sebelum 1.5.x plugin ini disebut dengan mambots.
Lima item yang telah disebutkan di atas itulah yang disebut dengan ekstension pada CMS Joomla! Kalian dapat melihat-lihat sendiri ekstension-ekstension tersebut di alamat http://extensions.joomla.org/.
Semoga bermanfaat


    1 Comment:

    Anonymous said...

    Terimakasih, infonya bermanfaat.

    Post a Comment