History Of Ajax

Menurut Wikipedia, Asynchronous JavaScript and XMLHTTP atau disingkat AJaX adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan.
AJAX pertama kali dikenalkan oleh Jesse James Garrett pada atahun 2005. Beliau mendeskripsikan bagaimana mengembangkan web yang berbeda dengan metode tradisional. Pada artikelnya yang berjudul "AJAX: A New Approach to Web Applications", Beliau meyakini bahwa aplikasi web dapat menutup jurang pemisah antara aplikasin web dan aplikasi desktop.

Pengembangan web secara tardisional bekerja secara synchronously antara aplikasi dan server, jadi setiap kali browser melakukan request atau operasi maka browser akan mengirimkan data ke server, kemudian server akan meresponnya dan seluruh halaman akan di-load ulang atau di-refresh.

Sedangkan AJAX bekerja secara asynchronously, yang artinya pengiriman dan penerimaan data dari browser ke server tanpa perlu melakukan load ulang seluruh halaman web, melainkan hanya melakukan penggantian pada bagian web tertentu yang hendak diubah. Dengan teknik ini maka akan membuat aplikasi internet menjadi lebih cepat dan user-friendly.

Contoh penerapan AJAX yang biasa ditemui adalah teknik live search di google dan di facebook, teknik live search ini akan menampilkan hasil pencarian secara langsung setiap kali user mengetikkan huruf demi huruf.
 

Teknik ini menggunakan obyek XMLHttpRequest, dimana setiap data yang kita inputkan akan langsung dileksekusi ke server tanpa menunggu user melakukan submit. Proses ini dilakukan browser dan server di belakang layar tanpa me-load seluruh halaman. Ketika kalian mengetikkan sesuatu di form search nya, maka JavaScript akan mengirimkan huruf demi huruf ke server dan mengembalikan daftar sebagai suggestion.

AJAX sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman baru, tetapi merupakan teknik baru menggunakan teknologi standar yang sudah ada, seperti: JavaScript, XML, HTML, XHTML, dan CSS. Dengan AJAX maka kita dapat membuat suatu aplikasi web yang lebih baik, cepat, responsive dan mudah digunakan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.


2 Comment:

Nissa Dwi said...

halo.salam kenal, fikry..
saya baru pertama maen ke sini.

as orang yang ga sengaja kecemplung di dunia IT, sepertinya good idea deh buat sedikit menghabiskna waktu buat nelusuri web mu ini yang konsen di topik programming. maklum ,saya ndak boleh berenti belajar. hehehehs


salam kenal ya. monggo mampir k eblog saya, maybe ada sesuatu jg yang bisa didapet.

thanks

Ahmad Fikry said...

Salam kenal juga mbak..
mari belajar dan sharing bersama, karena berbagi itu gak akan rugi..

thx

Post a Comment