History Of CSS


Cascading Style Sheet atau biasa disingkat dengan CSS adalah suatu bahasa pemrograman untuk mendesain suatu tampilan web HTML supaya tampak lebih rapi dan cantik.

CSS berguna untuk memisahkan konten utama yang berupa HTML dengan tampilan dokumen seperti font, warna, layout, dsb. Dengan adanya pemisahan ini maka akan memudahkan kontrol dan settingan dari tampilan web pada browser, selain itu juga dapat mengurangi kerumitan penulisan kode program dan struktur dari konten.

CSS adalah rekomendasi dari W3C (World Wide Web Consortium), yang merupakan sebuah konsorsium/gabungan dari pemilik web, universitas, perusahaan serta para ahli dalam bidang web. W3C ini bisa dikatakan sebagai kiblat atau acuan dalam menentukan teknologi paling terkini pada web.

Salah satu keuntungan menggunakan CSS dalam membuat web adalah lebih efisien dan efektif. Sebagai contoh, apabila kita ingin membuat 10 paragraf dengan tipe font arial dan ukuran 10px, maka kita harus menentukan style-nya satu-persatu tiap paragraf. Bayangkan jika paragrafnya berjumlah 100 atau bahkan 1000, tentu saja cukup melelahkan dan membuang banyak waktu. Dengan CSS kita tak perlu lagi menulis kode berulang-ulang, cukup dengan beberapa baris kode saja maka format style CSS tersebut selanjutnya dapat diterapkan pada elemen web yang ingin diubah sesuai dengan format CSS yang kita buat tersebut.


0 Comment:

Post a Comment